Kamis, 24 September 2015

Prediksi Harga dan Kuantitas Ikan Laut Segar di Pasar Produsen dan Konsumen Sulawesi Selatan




PREDIKSI HARGA DAN KUANTITAS IKAN LAUT SEGAR DI PASAR PRODUSEN DAN KONSUMEN SULAWESI SELATAN
Abd. Rahim
Dosen Fakultas Ekonomi UNM Makassar

Abstrak : Harga ikan laut segar seperti layang, tembang, kembung, teri, dan lemuru di pasar konsumen Sulawesi Selatan secara aktual selama periode tahun 1980 s.d. 2006 lebih besar dari harga di tingkat produsen. Kemudian dari segi kuantitasnya, baik di tingkat produsen maupun konsumen sama besar. Lain halnya prediksi harga layang, kembung, dan lemuru di tingkat konsumen lebih kecil dari prediksi harga di tingkat produsen. Dari segi kuantitas, prediksi dari kuantitas kembung dan lemuru tidak sama dengan yang didistribusikan dari pasar produsen ke pasar konsumen. Selisih harga dari tingkat konsumen dan tingkat produsen masing-masing ikan laut segar di Sulawesi Selatan yang secara umum disebut marjin pemasaran. Selisih dari rata-rata harga terendah atau marjin terkecil ikan laut segar terendah terjadi pada jenis lemuru. Sedangkan secara prediksi rata-rata harga terendah adalah teri, hal ini menunjukkan bahwa sistem pemasarannya efisien. Sebaliknya sistem pemasaran yang tidak efisien terjadi karena selisih harga atau marjin tertinggi, seperti ikan kembung sedangkan selisih dari prediksi harga ikan tertinggi  adalah tembang.
Kata Kunci : Prediksi Harga dan Kuantitas
Jurnal PIONIR Volume 9 No.8  
ISSN : 1829-5932, (Desember 2010:1-9)
Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UNM Makassar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar